Kolam Semen

Kolam Semen adalah kolam yang bagian dasar kolam  dan pematangnya di beton sehingga tidak mudah rusak (permanen). Untuk kolam dengan luasan 100 m², lebar pematang cukup dibuat dengan lebar 30-40cm dengan ketingian 1-1,5m. Hal yang perlu diperhatikan untuk pembuatan kolam semen :

  • Konstruksi dasar kolam harus dibuat melandai ke titik pusat pintu keluar dengan kemiringan minimal 5°.
  • Saluran pipa pembuangan/ pemasukan air dibuat dengan pipa PVC 3".
  • Pipa pengeluaran diusahakan agar dapat mengeluarkan lapisan dasar karena lapisan tersebut banyak mengadung bahan endapan lumpur dari sisa makanan dan kotoran ikan.
  • Biaya yang diperlukan untuk pembuatan kolam semen cukup tinggi.
Kolam Semen relatif aman dari berbagai hama dan resiko rusak / kebocoran. Selain itu dari segi estetika, kolam semen juga lebih rapi dan enak dipandang.

9 komentar:

sunardin mengatakan...

saya tertarik nih, selama ini saya budidaya lele di kolam terpal.. saya ingin bertanya apa ada efek dari semen untuk ikan lele?

Nur Khamid mengatakan...

mas sunardin ni pasti udah sukses dengan lele terpalnya jadi ingin buat kolam permanen... bagi2 info suksesnya mas suradin

Jefry mengatakan...

Tidak ada efek khusus Pak, hanya pengaruh pada biaya investasi nya saja. Kolam Semen tentunya menghabiskan biaya yang jauh lebih besar, dan perlu dipikirkan secara matang karena tidak bisa dipindah/dirubah bentuk dengan mudah seperti halnya kolam terpal.

muhamad fauzi mengatakan...

Mas saya baru buat kolam semen terus d isi ikan lele tapi kenapa ikannya pada mati ya?

Jefry mengatakan...

@Muhamad Fauzi :
penyebab bisa jadi karena :
1. Kolam Semen belum siap Pakai; kolam baru biasa direndam dulu (diisi air penuh selama 3-4 hari) kemmudian dikuras dan ganti dengan air baru. Endapkan 1 hari sebelum diisi benih.
2. Air dalam kondisi yang kurang baik ( Suhu, PH, Kekeruhan tidak sesuai dengan kebutuhan benih lele)
3. Benih yang Bapak beli dalam kondisi yang tidak Fit / dalam kondisi sakit.

eko susanto mengatakan...

Mantep gaaaannnn

dani ibrahim Dani mengatakan...

Pak langkah2 apa kita bisa sukses jadi tani lele ..
Saya pemula dari nol...
Dan saya baru buat iseng kolam dengan ukuran 3*5M ada 4kolam

dani ibrahim Dani mengatakan...

Saya pemula dari nol ingin tahu cara menuju kesuksesan jadi petani kolam lele beton... Soalnya saya baru iseng buat kolam3*5m ada4 kolam pak

Mas_John mengatakan...

mas dani bisa konsul langsung ke penjual lelenya,, kalo mau beli anakan lele jangan yg seukuran korek api 3durian..paling engga seukuran jari tangan orng dewasa.. byasanya paling lama 3 bulan sudah siap panen.. kalo masi bingung pasaran jual kmn,biasanya di jual kembali ke penjual anakan lele yg dulu kita beli distu,kebanyakan mau beli lg untuk di jual sebagai lele konsumsi..

smoga bermanfaat kawan kawan..salam lele purwokerto :)

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes