Pakan Buatan

 

Pakan Buatan atau biasa disebut Pelet biasanya berbentuk bulat, padat dan kering. Bahan pembuatan pelet diantaranya tepung ikan, tepung terigu, tepung tulang, dedak halus, bungkil kedelai, minyak, vitamin mix, dan sebagainya.
Pelet ikan ada dua jenis; pelet apung dan pelet tenggelam. Pelet yang baik digunakan untuk lele adalah pelet apung, karena jika pelet langsung tenggelam akan sulit mengetahui apakah pelet sudah cukup atau masih kurang, mengingat kolam lele biasanya keruh sehingga bagian dasar kolam tidak terlihat. Pelet apung memiliki waktu apung hingga ± 1 jam sebelum akhirnya tenggelam. Untuk itu pemberian pakan sebaiknya sedikit demi sedikit, karena pemberian pakan berlebihan akan merusak kualitas air dan akhirnya dapat menyebabkan penyakit pada tubuh ikan lele.
Pelet ikan yang baik biasanya memiliki kandungan protein diatas 25%. Semakin tinggi kandungan protein akan semakin baik, namun semakin tinggi kandungan protein, harga pelet juga semakin tinggi. Selain itu, ukuran pelet juga harus disesuaikan dengan mulut ikan.

3 komentar:

Bibit Azolla Gambiran mengatakan...

Azolla sangat kaya akan protein, asam amino esensial, vitamin (vitamin A, vitamin B12 dan Beta- Carotene), mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, dan magnesium. Berdasarkan berat keringnya, mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer. Komposisi nutrisinya membuat Azolla sangat efisien dan efektif sebagai pakan ikan, ternak, dan unggas. Kami menyediakan BIBIT AZOLLA. Untuk pemesanan hubungi 0857 1790 7467, 0823 3234 8282 info selengkapnya tentang azolla: http://bibitazollagambiran.blogspot.com/2012/07/manfaat-tanaman-azolla.html

Eko Sunardiyanto mengatakan...

salam kenal mas
misalnya tepung ikan dihilangkan, protein hanya dari nabati, apa ada pengaruhnya untuk lele?
trimakasih

Jefry mengatakan...

Salam..
Ikan lele memiliki kecenderungan sebagai hewan Karnivora (usus pendek) untuk itu akan lebih cocok diberikan protein hewani supaya pertumbuhan lebih cepat. Pemberian protein nabati sebaiknya hanya diberikan sebagai pelengkap nutrisi saja.

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes